Pages

Search This Blog

Friday, May 3, 2013

Tips Membuat Foto Bokeh

1. Gunakan Aperture besar
Bokeh berasal dari lensa bukan dari kamera. Oleh karena itu, hal terpenting yang harus dilakukan adalah setting Aperture lensa anda pada bukaan yang besar. Kita bisa melakukannya dengan menggunakan mode Aperture Priority dan mengubah  kedalam nilai terkecil.
Dalam settingan ini secara praktis kita menurunkan depth of field menjadi shallow.

2. Kurangi jarak antara kamera dengan obyek foto
Semakin dekat kita berdiri dari obyek foto, semakin blur background-nya. Semakin dekat obyek foto, fokus lensa juga semakin dekat dan depth of field akan makin menyempit.


3. Jauhkan jarak antara obyek dan background-nya
Saat anda memotret dan ingin menghasilkan bokeh yang bagus, maka semakin jauh obyek tadi dari background dibelakangnya, semakin bagus bokeh yang anda dapatkan.

4. Gunakan focal length terpanjang

Saat anda memakai lensa zoom, gunakan focal length terpanjang untuk makin memisahkan obyek utama dengan background-nya. Sebagai contoh: saat anda menggunakan lensa maut 70–200 mm, set focal length di posisi 200mm untuk menghasilkan bokeh yang bagus.
Jika kamu punya lensa 300mm, 18–200mm, 14–24mm, pilihlah lensa terpanjang (300mm) kalau tujuan anda menghasilkamn foto bokeh yang maut.

5. Pilih lensa dengan kualitas optik terbaik

Kualitas bokeh juga sangat dipengaruhi oleh kualitas optik lensa yang kita pakai. Katakanlah anda memilik dua lensa yang focal length maksimalnya sama, contoh: lensa 18–20mm/f5.6 dan lensa 70–200mm/f2.8, karena kualitas optik lensa 70–200mm (biasanya) jauh lebih bagus dibandingkan lensa 18–200mm dan harganya jauh lebih mahal. Maka gunakan lensa 70–200mm tadi, dan sebisa mungkin pakailah di aperture f/2.8.

6. Gunakan lensa prime

Semakin besar aperture makin bagus pula bokehnya, jika kamu memiliki lensa prime, Gunakanlah. Lensa prime atau prime lens atau fixed lens, adalah lensa yang memiliki focal length tunggal alias lensa yang tidak bisa di-zoom. Lensa prime biasanya menghasilkan foto bokeh yang sangat bagus karena memilki bukaan aperture yang sangat besar, tipikal lensa prme adalah 50mm f/1.4, 85mm f/1.4 atau varian murahnya 50mm f/1.8 dan 85mm f/1.8.

Wokeh, selamat mencoba.


< >